Tentang Kami
“Belajar, Berkembang, Berdaya untuk Masa Depan Gemilang!”
Sejarah
Kami
PKBM Mulya Ilmu didirikan oleh pak Sahdan Fahrudin pada tahun 2006 dan juga karena berkat inisiatif seorang teman yang memiliki keinginan kuat untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan bagi masyarakat. Awalnya, lembaga ini bernama PKBM Budi Utomo, mencerminkan cita-cita untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan komunitas setempat. Namun, kemudian teman yang mendirikannya memutuskan untuk mengganti nama menjadi PKBM Mulya Ilmu, dengan harapan bahwa ilmu yang diberikan dapat membawa kemuliaan bagi para peserta didik serta lingkungan sekitar.
Sejak didirikan, PKBM Mulya Ilmu terus berkembang dalam memberikan akses pendidikan bagi masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan non-formal seperti pendidikan kesetaraan, kursus keterampilan, serta program pemberdayaan masyarakat. Semangat awal pendirian yang dilandasi oleh kepedulian terhadap pendidikan terus menjadi pondasi bagi lembaga ini dalam menjalankan misinya hingga saat ini.
PKBM Mulya Ilmu adalah sebuah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang didirikan dengan tujuan mulia untuk memberikan pendidikan alternatif bagi masyarakat yang membutuhkannya. Sejak awal berdirinya, PKBM Mulya Ilmu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu mereka yang ingin belajar di luar jalur pendidikan formal.
Para guru pertama yang mengabdikan diri di PKBM Mulya Ilmu termasukpak Sahdan Fahruddin, Pak Indah Pribadi Kurniawan, Ustadz Mawardi, Endahyana, Gian Fitrotul Umi, Pak Rodi, dan Pak Paijin. Mereka adalah sosok-sosok yang memiliki dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan, berperan sebagai pengajar sekaligus motivator bagi para peserta didik. Dengan semangat dan kesabaran, mereka membangun fondasi kuat bagi PKBM ini, menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan membimbing para siswa menuju kesuksesan akademik maupun kehidupan sosial.
PKBM Mulya Ilmu lahir dari sebuah kepedulian yang mendalam terhadap pendidikan bagi mereka yang kurang beruntung. Pendiri dan para pengajar memiliki visi besar untuk menjembatani kesenjangan pendidikan, memastikan bahwa setiap individu, tanpa terkecuali, memiliki kesempatan untuk belajar, berkembang, dan meraih masa depan yang lebih baik.

Tidak Ada Terlambat Untuk Belajar
“Pendidikan adalah cahaya yang menerangi jalan menuju masa depan. PKBM Mulya Ilmu hadir untuk memberikan kesempatan kedua bagi mereka yang ingin belajar, berkembang, dan meraih mimpi tanpa batas.”
M. Sadan Fahrudin, S. Pd.
Pendiri


Mungkin anda bertanya?
Siapa Kami
"Tidak mungkin bagi seseorang untuk mempelajari apa yang dia pikir sudah dia ketahui"
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Dengan penuh rasa syukur, saya menyampaikan kebanggaan dan kebahagiaan atas berdirinya PKBM Mulya Ilmu Jabung Malang sebagai lembaga pendidikan yang didedikasikan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.
Pendidikan adalah kunci utama dalam membangun masa depan yang lebih baik. Dengan visi dan misi yang jelas, kami berkomitmen untuk memberikan layanan pendidikan terbaik bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan akses pendidikan berkualitas. Kami ingin menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, penuh semangat, dan membangun karakter peserta didik agar menjadi individu yang cerdas, berakhlak, dan mandiri.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjalanan PKBM Mulya Ilmu Jabung Malang ini, baik itu para tenaga pendidik, orang tua, siswa, serta mitra yang telah bekerja sama dalam mewujudkan cita-cita besar ini. Semoga sekolah ini dapat terus berkembang, memberikan manfaat luas, dan menjadi bagian dari solusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di negeri ini.
Mari bersama-sama kita wujudkan generasi yang berilmu, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Pendiri M. Sadan Fahrudin
Waktu Pembelajaran Fleksibel
Waktu pembelajaran fleksibel adalah sistem pendidikan yang memungkinkan peserta didik menyesuaikan jadwal belajar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mereka. Model ini sering diterapkan dalam pendidikan non-formal, seperti program kesetaraan (Paket A, B, dan C) atau pembelajaran daring. Dengan fleksibilitas waktu, peserta didik dapat belajar di luar jam sekolah konvensional, sehingga cocok bagi mereka yang bekerja, memiliki keterbatasan akses, atau membutuhkan metode belajar yang lebih personal. Sistem ini mendukung konsep belajar sepanjang hayat dan meningkatkan kesempatan pendidikan bagi semua kalangan.
Kegiatan Pencak Silat Prestasi Nasional
Kegiatan Pencak Silat Prestasi Nasional adalah ajang kompetisi tingkat nasional yang mempertemukan atlet-atlet terbaik dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan pencak silat sebagai warisan budaya sekaligus cabang olahraga berprestasi. Para peserta bersaing dalam berbagai kategori, baik seni (jurus) maupun tanding, dengan penilaian berdasarkan teknik, strategi, dan sportivitas.
Ijazah Setara dengan Sekolah Formal
Ijazah setara dengan sekolah formal adalah dokumen resmi yang diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan melalui jalur non-formal, seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau pendidikan kesetaraan (Paket A, B, dan C). Ijazah ini memiliki nilai yang sama dengan ijazah dari sekolah formal dan dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau keperluan kerja. Pemerintah mengakui ijazah ini melalui kebijakan Kementerian Pendidikan, sehingga pemegangnya memiliki hak yang setara dengan lulusan sekolah reguler.